Sunday, May 22, 2016

Mengenal Dan Mengatasi Invalid Activity Pada Google Adsense


Mengenal Dan Mengetahui Cara Mengatasi Invalid Activity atau Tindakan Tidak Sah Pada Iklan Google Adsense - Jika anda mengandalkan Google Adsense sebagai media periklanan yang ditayangkan di situs/channel anda, maka kata-kata Banned sudah tidak asing lagi dikalangan publisher Google Adsense. Banned akun Google Adsense terjadi karena beberapa pelanggaran, salah satu pelanggaran yang sering kita dengar adalah Invalid Activity, sebenarnya terjadi Invalid Activity 80% karena kesalahan pemilik situs/channel/mobile app itu sendiri, dikarenakan Invalid Activity merupakan kesalahan/pelanggaran karena kelalaian pemilik situs/channel sendiri, yang dapat menyebabkan dibannednya akun Google Adsense. Oleh karena itu, saya akan membahas tentang mengenal dan mengatasi Invalid Activity pada Google Adsense.

Apa Yang Dimaksud Dengan Invalid Activity..?

Invalid Activity adalah pelanggaran yang terjadi karena aktivitas yang tidak wajar yang terjadi pada akun Google Adsense, yang sangat merugikan para pengiklan dan menguntungkan para publisher (penayang iklan). Sebenarnya, masih banyak beberapa pelanggaran yang dapat terjadi baik dari kesalahan anda sendiri ataupun kesalahan sistem yang membuat dibannednya akun Adsense, namun saya hanya akan membahas tentang Invalid Activity, karena Invalid Activity adalah hal yang paling sering dialami oleh para publisher Google Adsense.

Lalu, Apa Saja Macam-macam Invalid Activity..?

Sebelum anda mengatasi Invalid Activity, anda harus memahami dulu macam-macam Invalid Activity, dengan mengetahui berbagai macam Invalid Activity, kita dapat menghindari akun Adsense kita dari banned masal yang dilakukan oleh pihak Google Adsense.
  • Mengklik Iklan Sendiri
  • Pengunjung Situs/Channel 50-100% Dari Social Media
  • Bom Klik/Script Agar Mendapatkan Ratusan Bahkan Ribuan Klik Dalam Beberapa Jam
  • Nilai CTR/Click Through Rate yang tinggi melebihi 11%
  • Nilai Pendapatan Adsense dan Penayangan Adsense Tiba-tiba Mengecil Dari Kemarin
  • Pengunjung - Klik dari wilayah Unknown Region (Biasanya Pengunjung Dari VPN Gratis)

Bagaimana Google Adsense Mengetahui Adanya Aktivitas Invalid Pada Akun Anda..?

Perusahaan Google membuat keamanan dan kenyamanan sistem yang aman didunia. Oleh karena itu, Google Adsense memiliki operator dan tim pemantau yang berupa mesin robot dan manusia, yang menunjukan bahwa Google serius ingin membuat kedua belah pihak untung (Adverstiser dan Publisher) dalam berbisnis Internet Marketing. Untuk itulah Google Adsense membuat sistem dan peraturan yang ketat untuk para pubsliher yang ingin menayangkan iklan, baik itu di situs ataupun di channelnya.

Saat ini Google juga sudah membuat mesin Algoritma untuk mesin penelusuran dan juga membuat sistem Analysis pengunjung. Berdasarkan dari data sistem tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengunjung yang didatangkan melalui penelusuran Mozila Firefox, Google Chrome, dan lainnya dapat dilacak secara detail baik alamat dan koneksi yang digunakan, dan Google juga merekam ip yang digunakan untuk membuka dashbour Google Adsense. Jika anda mengklik iklan Google Adsense dengan menggunakan perangkat dan ip yang sama saat membuka dashbour Adsense, maka Google Adsense akan mengirimkan pesan melalui gmail yang berupa Banned.

Bagaimana Cara Mencegah Terjadinya Invalid Activity..?

Publisher Google Adsense sepenuhnya bertanggung jawab atas penayangan dan lalu lintas pada iklan mereka. Jika anda menayangkan iklan Google Adsense di situs ataupun channel anda, maka anda harus rajin untuk memonitor iklan Google Adsense anda, jika anda melihat atau mencurigai aktivitas tertentu (seperti yang saya jelaskan dibawah ini) anda dapat melaporkan hal tersebut ke Google Adsense, anda dapat melakukannya dengan hal tersebut di Google Adsense Contact Invalid Click.
  • Jangan pernah mengklik iklan anda sendiri, karena mengklik iklan sendiri merugikan pihak pengiklan, dengan merugikan pihak pengiklan, maka Google akan membanned akun Adsense anda. Jika anda tidak sengaja mengkliknya, anda dapat melaporkan hal tersebut ke Link/Url diatas.
  • Jangan melakukan kerjasama dengan mitra yang tidak dipercayai, kerjasama dalam hal mempromosikan url/link dengan pihak yang tidak terpercaya dapat membuat dibannednya akun adsense karena akan terjadi Invalid Activity.
  • Membagikan blog dan artikel anda ke Social Media seperti Facebook. Membagikan blog anda ke Social Media akan membuat pengunjung blog anda menjadi ramai, pertanyaannya adalah, apakah besok pengunjung blog anda akan sama seperti saat anda share ke Social Media ? Jika anda share blog anda ke Social Media, maka traffic blog anda akan berasal dari Social Media, dan Google Adsense akan membanned traffic yang 50-100% berasal dari Social Media.
  • Menyuruh teman atau kerabat untuk mengunjungi dan mengklik iklan di situs atau channel milik anda. Hal seperti ini sudah dijelaskan dipelanggaran pertama Google Adsense, sebaiknya jangan menyuruh teman atau kerabat mengklik iklan Google Adsense anda jika anda ingin akun Google Adsense anda aman.
  • Memonitor Page CTR yang terdapat diakun Google Adsense anda. Anda dapat mengeceknya dengan cara membuka akun Google Adsense > Report > Costum > Page CTR. Setelah itu, lihatlah Page CTR anda, jika presentase Page CTR anda melebihi 11%, maka itu bukanlah presentase aman. Cara Google menghitung presentase CTR adalah, dengan cara membandingkan 1 klik iklan dengan 10 page views. 
Anda dapat menanyakan tentang CTR, CPC, dan lainnya di Forum Adsense yaitu, Google Adsense Answer. Jika akun Adsense anda "sudah dibaneed" dikarenakan traffic yang tidak stabil dan CTR yang tinggi, maka anda dapat melalukan Aju Banding ke Google Adsense Support Invalid Traffic.